Visi, Misi, Sejarah

Visi - 2020

Menjadi perguruan tinggi terkemuka dalam bidang bisnis dan informatika dengan lulusan yang berkarakter unggul dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang mandiri dan berintegritas, berjiwa kompetitif serta adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Melaksanakan penelitian di bidang bisnis dan informatika untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Mengabdikan ilmu dan pengetahuan dalam bidang bisnis dan informatika bagi kesejahteraan masyarakat.

Sejarah STMIK LIKMI

Pada tahun 1985, dimana masih sangat sedikit masyarakat Indonesia yang mengerti komputer, beberapa dosen perguruan tinggi negeri, swasta dan profesional di bidang komputer bertekad untuk memperkenalkan ilmu komputer terapan kepada masyarakat dengan mendirikan Lembaga Ilmu Komputer Terapan Indonesia (LIKTI). LIKTI mempelopori sistem paktek langsung dalam belajar komputer. Sistem ini kemudian banyak diikuti oleh lembaga pendidikan lainnya karena terbukti sangat efektif dalam menolong seseorang untuk secara cepat mengerti dan dapat menggunakan komputer.

Pada tahun 1989, seiring dengan dibukanya program pendidikan satu tahun yang memadukan ilmu manajemen dan komputer, nama LIKTI diubah menjadi LIKMI (Lembaga Ilmu Komputer dan Manajemen Indonesia) dan lokasi kampus dipindah ke lokasi strategis di jalan Ir. H. Juanda No. 96 Bandung.

Perkembangan teknologi yang pesat, khususnya teknologi komputer serta penerapannya dalam berbagai aspek dunia usaha, menyebabkan masyarakat dituntut untuk lebih memperdalam penguasaan ilmu komputer serta aplikasinya dalam menunjang kegiatan manajemen/ sistem informasi perusahaan. Untuk memenuhi kebutuhan ini, maka pada tahun 1994 didirikanlah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) LIKMI yang pada awalnya hanya menyelenggarakan pendidikan formal jenjang D3 & S1 jurusan Manajemen Informatika yang sekarang dikenal juga sebagai jurusan Sistem Informasi. Baru pada tahun 2003, dibuka jurusan Teknik Informatika untuk melengkapi jurusan yang sudah ada sebelumnya.

Tahun 2004, STMIK LIKMI mencanangkan pengembangan kampus digital. Smart card mulai dipergunakan sebagai Kartu Tanda Mahasiswa yang juga berfungsi untuk mengakses berbagai fasilitas kampus digital seperti papan pengumuman digital, terminal informasi, multi media learning system, termasuk diantaranya laboratorium komputer dengan teknologi mutakhir dan perpustakaan digital dengan koleksi buku dan e-book yang secara kontinu diperbaharui dan dilengkapi.

Tahun 2006, guna memenuhi begitu banyaknya kebutuhan tenaga profesional CIO (Chief Information Officer) di berbagai perusahaan, STMIK LIKMI membuka pendidikan Magister Sistem Infomasi (Magister Komputer). Dengan diselenggarakannya pendidikan ini, maka STMIK LIKMI saat ini menjadi perguruan tinggi swasta pertama dan terakreditasi di Jawa Barat yang mampu mendidik dan menyelenggarakan pendidikan Pascasarjana (S2) bidang komputer khususnya bidang Sistem Informasi.

Tahun 2008, STMIK LIKMI bekerja sama dengan Queensland University of Technology (QUT), Brisbane-Australia membuka program internasional. Queensland University of Technology, merupakan universitas terbesar ke-2 di Queensland, dan universitas teknologi peringkat ke-70 di dunia. Melalui program internasional ini, mahasiswa cukup studi di STMIK LIKMI selama 2 tahun, kemudian langsung melanjutkan ke tahun ke-3 di QUT Australia selama 1,5 tahun saja guna memperoleh gelar Bachelor of Information Technology dari Queensland University of Technology (QUT). Hal ini adalah bukti nyata bahwa kualitas pendidikan di STMIK LIKMI benar-benar diakui oleh dunia internasional.

Pengakuan dunia internasional terhadap STMIK LIKMI semakin nyata, dengan terjalinnya kerjasama antara STMIK LIKMI dengan KAPLAN Business School Australia pada tahun 2014. Melalui kerjasama ini mahasiswa STMIK LIKMI memiliki Hak Istimewa untuk melakukan transfer nilai guna meraih gelar Bachelor of Business (General Business and Accounting) dan Master of Business Administration (MBA) dari KAPLAN Business School Australia, masing-masing cukup dengan studi selama 1 (satu) tahun saja di Australia. Kaplan Business School Australia merupakan salah satu universitas besar di Australia yang memiliki cabang di beberapa kota yaitu Sydney, Melbourne, Brisbane dan Adelaide.

Pada tahun yang sama yaitu tahun 2014, STMIK LIKMI juga menjalin kerja sama dengan RMIT (Royal Melbourne Institute of Technology) University Australia, sehingga mahasiswa STMIK LIKMI memiliki Hak Istimewa untuk melakukan transfer nilai guna meraih gelar Bachelor of Information Technology dari RMIT University.


Pengalaman selama 29 tahun di bidang pendidikan komputer hingga berhasil membuka berbagai program Diploma, Sarjana, Pascasarjana dan program internasional, serta mendapat pengakuan internasional dari berbagai universitas terkenal di luar negeri , menunjukkan keseriusan dan komitmen STMIK LIKMI untuk selalu menjadi perguruan tinggi yang fokus di bidang teknologi dan sistem informasi serta terdepan dalam menjawab kebutuhan akan TENAGA AHLI di BIDANG TEKNOLOGI dan SISTEM INFORMASI dengan KUALITAS GLOBAL.